From Thursday, 16 September 2021 14:00 to Thursday, 16 September 2021 15:30

Location :
Webinar

Sesi Follow Up
Seri Pembelajaran Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan (WEPs)
”Pemberdayaan Perempuan di Tempat Kerja, Tempat Kegiatan Usaha, dan Komunitas“

 

Latar Belakang

Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan (Women’s Empowerment Principles/WEPs) adalah seperangkat prinsip yang menawarkan panduan bagi dunia bisnis untuk memberdayakan perempuan di tempat kerja, tempat kegiatan usaha, dan komunitas. Prinsip-prinsip tersebut dikembangkan oleh The United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women (UN Women) dan United Nations Global Compact (UN Global Compact) di tahun 2010. 

Berdasarkan hasil Studi Penerapan Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan (WEPs) pada 50 Perusahaan Terkemuka di Indonesia yang diluncurkan oleh Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), Indonesia Global Compact Network (IGCN) dan UN Women, secara umum menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah melaksanakan beberapa inisiatif dan program pemberdayaan perempuan, namun masih bersifat terbatas untuk memenuhi regulasi yang telah ditentukan pemerintah, maupun kantor pusat bagi perusahaan multinasional. 

Setelah lebih dari enam bulan sejak pelaksanaan tujuh seri pembelajaran tentang WEPs, IGCN dan UN Women mengadakan sesi follow up sebagai wadah perusahaan/organisasi untuk berbagi pengalaman dan motivasi untuk menentukan langkah selanjutnya dalam penerapan WEPs. 

 

Tujuan
Mendorong pemangku kepentingan untuk menerapkan WEPs di tempat kerja, tempat kegiatan usaha dan komunitas dengan menyediakan wadah untuk berbagi pengalaman mengenai manfaat yang dirasakan dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan WEPs.

 

Waktu
Kamis, 16 September 2021 | Pukul 14.00-15.30 WIB

 

Tempat
Acara akan dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom. 

 

Pendaftaran
bit.ly/FollowUpWEPs

 

Pembicara

  • Fasilitator
    Aries Heru Prasetyo, PhD   

  • Expert Panel
    Indri Pramitaswari Guritno, Senior Partner, Hadiputranto, Hadinoto & Partners


Siapa yang direkomendasikan untuk berpartisipasi?

Sesi follow up Seri Pembelajaran WEPs ditujukan secara khusus kepada seluruh peserta seri pembelajaran yang telah dilaksanakan pada Oktober 2020 - Januari 2021, adapun sesi tersebut juga  sesuai untuk berbagai kalangan profesional, antara lain:

  • Pimpinan dan manajemen perusahaan/organisasi bidang SDM, Keberlanjutan, Legal, Operasional.
  • Pemangku kepentingan relevan yang tertarik, atau sudah menjadi WEPs Signatories, serta menerapkan WEPs di perusahaan/organisasi masing-masing.
  • Perusahaan/organisasi yang menghadiri setidaknya salah satu dialog dan/atau workshop yang diselenggarakan Women’s Empowerment Working Group (WEPWG) maupun program Target Gender Equality (TGE) untuk memperdalam keterampilan praktis dan pengetahuan tentang penerapan WEPs.  


Apa yang akan didapatkan perusahaan/organisasi?

Di akhir sesi follow up, perusahaan/organisasi yang berpartisipasi dapat terdorong untuk:

  • Meningkatkan dan mengembangkan penerapan WEPs di organisasi/perusahaan masing-masing, serta melaporkan pencapaian dukungan pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 5 “Kesetaraan Gender” dalam Laporan TPB.
  • Melengkapi pengisian Alat Analisis Kesenjangan Gender WEPs (WEPs Gender Gap Analysis Tool/WEPs Tool) melalui weps-gapanalysis.org, yaitu alat penilaian mandiri perusahaan/organisasi yang membantu perusahaan/organisasi mengidentifikasi kekuatan, kesenjangan, dan peluang untuk meningkatkan kinerja mereka dalam kesetaraan gender.
  • Bergabung dengan jaringan 5000+ organisasi/perusahaan di dunia sebagai WEPs Signatories